HASIL DISKUSI KELOMPOK PELAKSANAAN PROMOSI
I. Pelaksanaan Promosi
1. Bentuk promosi :
- Promosi dagang ( produk unggulan / dalam dan luar negeri ).
- Promosi investasi ( dalam / luar negeri ).
2. Faktor penunjang promosi :
- Penentuan produk unggulan berdasarkan kualifikasi produk ekspor.
- Penyiapan bahan informasi yang berhubungan dengan produk atau proyek infestasi yang ditawarkan ( Leaflet, brosur, pamflet, company profile dll ).
- Penyiapan petugas yang memahami produk unggulan / proyek investasi yang akan ditawarkan.
- Setiap kegiatan promosi / pameran harus mempunyai tema.
- Adanya kesinambungan dari kegiatan pameran yang telah dilaksanakan.
- Lokasi pameran harus tepat sasaran.
- Event promosi / pameran harus tepat sasaran ( produk yang dibawa ).
- Perlu informasi dari ketentuan negara tujuan ekspor terhadap standar spesipikasi produk.
- Pelaku usaha dan dinas indtansi terkait harus mengetahui regulasi eksport / import.
- Diperlukan adanya koordinasi lintas sektor dari peserta yang terlibat dalam promosi.
- Penyebaran peta lokasi produk unggulan / investasi di daerah.
3. Pelaksanaan Promosi
- Diperlukan desain booth dalam rangka penataan dan kapasitas produk yang diperlukan.
- Mendisplay produk termasuk penyiapan informasi dari kualifikasi produk ( leaflet, brosur, kartu nama, company profile dll ).
- Product consultant.
- Penyiapan administrasi dalam rangka transaksi dan MOU.
4. Evaluasi Hasil Kegiatan Promosi
- Hasil dari pelaksanaan promosi harus dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan investasi dari para pelaku usaha.
- Dari hasil pelaksanaan promosi diharapkan dapat membuka pangsa pasar baru bagi para pelaku usaha.
- Adanya peningkatan kualitas dan kuantitas terhadap produk yang dijual.
Kendala Promosi yang di Hadapi IPMK :
- Diperlukan adanya peningkatan anggaran untuk kegiatan promosi.
- Pihak – pihak pemerintah tidak memiliki Data Base yang bisa diakses.
- Informasi waktu pelaksanaan promosi jangan terlalu mepet.
- Pembinaan promosi yang belum dilaksanakan.
Harapan Pelaku Usaha Terhadap Kegiatan Promosi
- Adanya seleksi produk dan Pelaku Usaha / UKM.
- Kesempatan bagi pelaku usaha lain untuk kegiatan promosi ( rolling untuk pelaku usaha lain ).
- Diperlukan fasilitasi dari instansi pemerintah terhadap kegiatan temu bisnis antara pelaku usaha dan potensial Buyer.
- Kurang terbukanya peluang pasar sehingga diperlukan adanya terobosan dari instansi pemerintah.
I. Pelaksanaan Promosi
1. Bentuk promosi :
- Promosi dagang ( produk unggulan / dalam dan luar negeri ).
- Promosi investasi ( dalam / luar negeri ).
2. Faktor penunjang promosi :
- Penentuan produk unggulan berdasarkan kualifikasi produk ekspor.
- Penyiapan bahan informasi yang berhubungan dengan produk atau proyek infestasi yang ditawarkan ( Leaflet, brosur, pamflet, company profile dll ).
- Penyiapan petugas yang memahami produk unggulan / proyek investasi yang akan ditawarkan.
- Setiap kegiatan promosi / pameran harus mempunyai tema.
- Adanya kesinambungan dari kegiatan pameran yang telah dilaksanakan.
- Lokasi pameran harus tepat sasaran.
- Event promosi / pameran harus tepat sasaran ( produk yang dibawa ).
- Perlu informasi dari ketentuan negara tujuan ekspor terhadap standar spesipikasi produk.
- Pelaku usaha dan dinas indtansi terkait harus mengetahui regulasi eksport / import.
- Diperlukan adanya koordinasi lintas sektor dari peserta yang terlibat dalam promosi.
- Penyebaran peta lokasi produk unggulan / investasi di daerah.
3. Pelaksanaan Promosi
- Diperlukan desain booth dalam rangka penataan dan kapasitas produk yang diperlukan.
- Mendisplay produk termasuk penyiapan informasi dari kualifikasi produk ( leaflet, brosur, kartu nama, company profile dll ).
- Product consultant.
- Penyiapan administrasi dalam rangka transaksi dan MOU.
4. Evaluasi Hasil Kegiatan Promosi
- Hasil dari pelaksanaan promosi harus dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan investasi dari para pelaku usaha.
- Dari hasil pelaksanaan promosi diharapkan dapat membuka pangsa pasar baru bagi para pelaku usaha.
- Adanya peningkatan kualitas dan kuantitas terhadap produk yang dijual.
Kendala Promosi yang di Hadapi IPMK :
- Diperlukan adanya peningkatan anggaran untuk kegiatan promosi.
- Pihak – pihak pemerintah tidak memiliki Data Base yang bisa diakses.
- Informasi waktu pelaksanaan promosi jangan terlalu mepet.
- Pembinaan promosi yang belum dilaksanakan.
Harapan Pelaku Usaha Terhadap Kegiatan Promosi
- Adanya seleksi produk dan Pelaku Usaha / UKM.
- Kesempatan bagi pelaku usaha lain untuk kegiatan promosi ( rolling untuk pelaku usaha lain ).
- Diperlukan fasilitasi dari instansi pemerintah terhadap kegiatan temu bisnis antara pelaku usaha dan potensial Buyer.
- Kurang terbukanya peluang pasar sehingga diperlukan adanya terobosan dari instansi pemerintah.